Minggu, 08 Juni 2014

Consistency and Standards - www.jual-mainan.com

Pada aspek ini, suatu sistem seharusnya mempunyai standar dan memiliki sebuah konsistensi terhadap penggunaan huruf, icon ataupun lainnya. Pada bahasan sebelumnya sudah disinggung mengenai kurang nya konsistensi dalam penggunaan bahasa, maka disini akan dibahas lebih lanjut.
 
Pada situs ini, permasalahnya adalah kurangnya konsistensi dalam penggunaan warna dan typeface. Begitu beragam warna yang digunakan pada tulisan-tulisan yang ada. Bahkan kita tidak bisa membedakan mana yang merupakan hyperlink atau bukan, karena pemilihan warna yang kurang baik. Selain itu typeface yang digunakan juga beragam, cukup terlihat perbedaannya.

Warna tulisan dan typeface yang beragam
 
Rekomendasi: Sebaiknya lebih ditekankan lagi konsistensi warna dan typeface yang digunakan. Karena penggunaan warna yang terlalu beragam selain membuat user bingung, pemilihan warna yang tidak sesuai juga akan membuat mata cepat lelah sehingga user bisa saja malas untuk mengunjungi situs ini.


--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Selain itu pemilihan bahasa yang berbeda, terlihat pada submenu “Jenis Mainan” terdapat kategori “Jenis Mainan Perempuan” sedangkan satunya yaitu “Jenis Mainan Cowo”. Terlihat seharusnya lawan kata dari perempuan adalah laki-laku tetapi kata yang dipilih adalah “Cowo”.
pemilihan kata kurang konsisten

Rekomendasi : Sebaiknya lebih diperbaiki lagi dalam penggunaan kata-kata.
 

Hal terakhir yang akan saya singgung mengenai konsistensi adalah masalah produk yang dijual. Dari nama situs sudah terlihat jelas bahwa situs ini menjual mainan. Tetapi setelah saya telusuri dibagian “Jenis Mainan” terdapat kategori “Produk Lain” namun isinya bukan mainan melainkan terdapat flashdisk senter dan lain-lain.
ada jualan barang selain mainan
Rekomendasi : Apabila dikaitkan dengan nama situs, sebaiknya memang hanya jual mainan saja. Apabila mungkin memang ada produk yang dijual selain mainan sebaiknya tidak ditempatkan pada situs tersebut.

Severity ratings : 2

1 komentar:

  1. warna tulisan yang digunakan pun berwarna merah, padahal warna merah adalah warna yang biasa digunakan ketika memberikan warning atau peringatan, hahaha lucu sekali website ini :D

    BalasHapus