Minggu, 08 Juni 2014

Match between system and the real world - www.jual-mainan.com

Aspek kedua yaitu Match between system and the real world. Yaitu adanya kesesuaian antara sistem dengan dunia nyata. Jadi dalam penggunaan bahasa, frasa, atau apapun yang ada didalam situs tersebut haruslah familiar dengan user.

Pada tampilan menu dalam situs UKM tersebut, terlihat tiap menu dilambangkan oleh beberapa gambar. Namun mengapa gambar tersebut adalah beberapa kendaraan militer. Sehingga tidak ada kaitannya sama sekali dengan menu yang ditampilkan. Seperti Home yang dilambangkan dengan kapal tempur, lalu Menu “Cara Belanja” dilambangkan dengan pesawat. Selebihnya bisa dilihat dibawah ini.
tampilan menu dilambangkan dengan kendaraan tempur

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Permasalahan selanjutnya yaitu kurangnya konsistensi dalam penggunaan bahasa dalam situs tersebut. Sudah terlihat dalam menu utama penggunaan bahasa nya berbeda-beda yaitu ada yang berbahasa inggris dan ada yang berbahasa Indonesia bahkan ada yang campuran bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. 
Bahasa yang digunakan beda-beda


Selain itu, ketika kita membuka menu “About Us” maka judul yang muncul adalah “Tentang Kami”. Terlihat jelas belum adanya konsistensi dalam penggunaan bahasa pada situs ini.

Rekomendasi : Sebaiknya dipilih lagi simbol yang sesuai untuk melambangkan menu-menu tersebut. Selain itu, digunakan satu bahasa saja. Sehingga tidak muncul kebingungan bagi user yang hanya mengerti satu bahasa.

Severity ratings : 2



Tidak ada komentar:

Posting Komentar