Minggu, 08 Juni 2014

Error Prevention - www.jual-mainan.com

Error prevention adalah suatu interaksi yang dilakukan sistem agar user tidak melakukan kesalahan dalam berinteraksi.  Seorang user bisa saja melakukan suatu kesalahan ketika mengisi formulir atau sejenisnya, maka sistem harus bisa memberikan suatu peringatan bahwa hal yang dilakukan user tersebut salah. Sehingga user tidak perlu repot lagi mengulang pekerjaannya karena tidak adanya peringatan.
 
Pada sistus jual-mainan.com ketika kita selesai berbelanja dan ingin melanjutkan ke pembayaran maka user dihadapkan untuk mengisi data pengiriman. Masalahnya adalah user dapat mengisi data apa saja kedalamnya. Pengisian nomor telepon yang seharusnya berisi angka dapat diisi menggunakan huruf dan sebaliknya. Sistem tidak memberikan peringatan ketika user salah memasukan data.
nomer HP bisa diisi menggunakan huruf
Rekomendasi : Sebaiknya sistem dapat membedakan mana data yang harus diisi menggunakan angka saja atau bisa dicampur antara angka dan huruf sehingga data yang dimasukan akurat serta sistem dapat menampilkan peringatan apabila terjadi kesalahan dalam memasukan data.

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------


Permasalahan kedua mengenai Error prevention adalah ketika kita masuk kedalam pembelian barang, kita dapat mengubah jumlah barang sebanyak yang kita mau. Sistem tidak memperlihatkan apakah barang sebanyak itu benar-benar ready stok atau tidak. Selain itu kita dapat merubah jumlah barang yang ingin dibeli menggunakan huruf. Namun yang keluar hanyalah sebuah halaman kosong dengan nama tab “Database error”.

jumlah bisa diisi menggunakan huruf dan angka berapapun nominalnya
ketika diisi menggunkan huruf muncul halaman kosong dengan nama tab "Database Error"
Rekomendasi : Sebaiknya ketika memasukan jumlah barang yang dibeli sistem mengkordinasikan dengan ketersedian barang sehingga apabila barang yang dipesan melebihi stok yang ada akan muncul suatu peringatan. Selain itu sistem seharusnya memberikan peringatan ketika user salah memasukan data.

Severity ratings : 4

Tidak ada komentar:

Posting Komentar