Minggu, 08 Juni 2014

User Control and Freedom – www.jual-mainan.com

Aspek yang ketiga User control and freedom. User kadang tidak terlepas dari suatu kesalahan seperti salah mengklik link, atau salah memilih barang yang ingin dibeli jika dikasuskan pada situs UKM. Maka sistem yang baik adalah menyediakan fitur undo dan redo agar user terbebas dari kesalahan yang sama. 
 
Pada situs www.jual-mainan.com ini, permasalahan yang muncul adalah setelah kita memilih barang yang ingin dibeli lalu mengisi form data untuk pengiriman. Untuk mengisi form data tidak ada masalah namun ketika kita sudah melakukan “submit” maka data pengiriman tersebut tidak bisa diedit kembali dan hanya tersedia tombol “print”. Sehingga jika user salah memasukan data pengiriman maka hal yg  harus dilakukan adalah memproses ulang dari pembelian hingga mengisi data kembali. Hal yang sama muncul ketika kita mengisi form “konfirmasi transfer”, yaitu kita tidak bisa merubah data yang sudah disubmit.

tidak bisa mengedit data

Rekomendasi : Sebaiknya diberikan fitur untuk mengedi data pengiriman sehingga tidak mempersulit user ketika terjadi kesalahan dalam memasukan data.

Severity ratings : 3

1 komentar:

  1. Pernah dengar istilah "pembeli adalah raja", hal ini harusnya juga berlaku untuk situs berbasis ecommerce. kendali dan kebebasan pengguna menjadi hal cukup penting. Saya setuju dengan rekomendasi dari saudara edya bahwa sedianya harus ada fitur edit bahkan bisa tambahkan fitur delete. nice evaluation. :)

    BalasHapus